fbpx
Karya PembacaNutrisi KarakterPedagogi Islam

Jumlah Anak Ideal

JUMLAH ANAK YANG IDEAL UNTUK SUATU KELUARGA

Jika tujuan suatu keluarga memiliki anak adalah untuk melanjutkan keturunannya, maka hal yang terpenting adalah kualitas. Banyak atau sedikitnya anak bagi seorang muslim, selain mempertimbangkan kualitas ia juga harus selalu menghubungkan segala sesuatunya kepada Allah SWT.” Dengan kata lain, dianjurkan untuk memiliki anak dalam jumlah yang sekiranya sebagai orang tua mampu untuk memberikan tingkat pendidikan yang ideal untuk mereka.

-Prof. Dr. Ibrahim Canan-

Aqidah yang benar bagi keluarga ideal merupakan pondasi yang amat penting untuk membangun sebuah keluarga yang bahagia dan penuh dengan keberkahan. Kebahagiaan yang hakiki dan ketenangan hidup hanya akan terasa bagi orang-orang yang memiliki pondasi agama yang kuat dan keimanan yang tinggi. Jadi, keluarga bahagia yang penuh berkah tentu menerapkan kehidupan sesuai dengan ajaran dan kokoh dalam memegang akidah Islam.

Menjalani aktifitas kehidupan tidak akan pernah terlepas dari segala masalah dan ujian. Keluarga bahagia pasti akan terus berupaya untuk melakukan usaha dan doa yang jauh lebih baik dengan lebih giat lagi dalam beribadah. Dalam hidupnya akan terus berorientasi pada peningkatan kualitas ibadah.

Keluarga yang taat pada agama tentu memiliki semangat juang yang tinggi dalam melakukan amalan shalih. Orangtua yang selalu semangat dalam mengajarkan ilmu agama pada anak-anaknya, semangat menerapkan pola hidup Islami seperti membiasakan membaca al-qur’an setelah sholat lima waktu, rutin sholat malam, semangat untuk mendatangi masjid, semangat dalam mengikuti kajian Islam serta semangat dalam hal-hal yang berkaitan dengan amal shalih. Keluarga seperti inilah yang akan mendapatkan keberkahan hidup dan ketenangan jiwa sehingga keharmonisan keluarga yang dibangun akan lebih terasa.

Selain itu keluarga harus memperhatikan aspek kesehatan dan kebersihan, keluarga yang mampu menjaga kesehatan dan kebersihan pasti hidupnya akan terasa tenang, nyaman dan penuh bahagia. Penting bagi setiap anggota keluarga menjaga kebersihan hati, kebersihan badan, tempat tinggal, barang-barang yang dimiliki dan lingkungan sekitar agar hidup terasa indah, nyaman, bahagia dan berkah.

Anak bisa menjadi ujian juga anugrah bagi orangtua. Memiliki anak-anak yang shalih adalah sebuah kunci kesuksesan dunia dan akhirat. Keberkahan dalam sebuah rumah tangga akan sangat terasa jika memiliki generasi yang islami, shalih dan shalihah.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan artikel baru setiap saat!    Yees! Tidak Sekarang