fbpx
Nutrisi Karakter

PENCIPTAAN SETAN BUKANLAH SESUATU YANG BURUK

Pertanyaan :   Apakah penciptaan setan merupakan hal yang bagus atau jelek? mengapa Allahﷻ menciptakan setan? apakah agar manusia melakukan kejahatan atau selalu melakukan dosa?

Jawaban : Beberapa muridku yang bisa memahami inti pada contoh-contoh yang sebelumnya mengangkat tangan lalu memberikan jawaban. Mereka hampir menangkap hikmah dari penciptaan setan. Setelah panjang lebar hasil yang kita sepakati bersama, bahwasanya penciptaan setan bukanlah hal yang buruk, jelek atau tidak perlu.

Allahﷻ menciptakan setan dengan satu sebab, dan sebab ini sangatlah penting dan juga sangat diperlukan. Karena Allahﷻ sangat mencintai hamba-hambanya. Dia menginginkan hamba-hambanya yang baik, bermanfaat dan layak ditempatkan di surganya. Maka setanlah yang akan menjadi penengah dari urusan ini agar kebaikan dan pahala manusia terus bertambah; mereka meraih dan mendapatkan kelayakan menjadi hamba-hambanya.

Sebab itulah Allahﷻ menciptakan manusia yang terkadang bisa naik dan turun derajatnya. Maka dari itu, jika manusia bisa menaikkan derajatnya, ia akan mampu mencapai puncak tertinggi dari hakikat kemanusiaan, bahkan ia bisa menjadi tetangga para kekasih Allahﷻ. Namun, jika derajat kemanusiaan itu turun dan jatuh, maka ia bisa berada pada level hewan, bahkan lebih rendah dari itu. Nah, setan dalam hal ini sangatlah menguntungkan bagi manusia ketika ia terjatuh lalu bangkit dan menuju puncak tertinggi. Selama tidak mendengar, menahan diri dari kejelekan-kejelekan dan melakukan sesuatu yang bertentangan dengan yang diinginkan setan, maka manusia menjadi mulia, menjadi seperti malaikat, bahkan melebihi itu semua ia bisa mencapai ke puncak dengan tingkat maknawi yang tinggi. Akan tetapi, jika ia mendengar, melakukan kelakuan-kelakuan buruknya setan, maka ia akan terjatuh ke tempat yang rendah, menjadi seperti hewan bahkan lebih rendah dari itu, seperti layaknya setan itu sendiri. Jika manusia sudah berprilaku seperti setan dan perilaku ini sudah mewabah, maka setan sangatlah senang, bahkan yang banyak berlibur itu setan sendiri dari pekerjaan buruknya, karena manusia-manusia sepertinya terus bertambah dan melakukan  semua tugas-tugasnya secara sukarela. Maka setan akan datang dari sebelah kanan dan bersenang-senang.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan artikel baru setiap saat!    Yees! Tidak Sekarang