Mus’ab Bin Umair telah meninggalkan hidupnya yang nyaman dan serba berkecukupan dan pergi ke Madinah. Saran saya, jika kalian ingin menyelamatkan dunia, maka kalian harus menjadi seperti Mus’ab, Khabbab Bin Al-Aratt ataupun Ibnu Jahsy. Suatu beban yang hanya bisa diangkat dengan tangan yang dapat mengangkat beban lima kilogram, tak akan bisa diangkat dengan tangan yang hanya kuat mengangkat beban tiga kilogram. Orang-orang yang kesana-kemari berjibaku dalam isu-isu dunia dan lebih mencintainya daripada akhirat, memilih untuk menikmati kasurnya yang empuk daripada melayani al-Qur’an dan umat, serta tidak merasa sedih dan kehilangan ketika agamanya roboh ataupun ketika anak mudanya telah termabuk akan dunia, tak ada yang bisa diharapkan dari mereka untuk perjuangan dakwah ini. Tapi ingatlah, pintu Allah akan selalu terbuka, selalu menunggu kedatangan kalian entah muda atau tua dan menyambut dengan sangat gembira ketika kalian datang menghadap-Nya. Allah akan menjaga kalian dari petaka yang menyakitkan dan penderitaan ini. Dan Dia pun akan menjaga kalian dari konflik dan kerisauan batin.

Jikalau kalian menjadikan rasa kebertuhanan, iman dan makrifat kepada Allah lebih dominan dalam hidup, maka kalian akan diliputi oleh rahmat Allah yang tak terbatas tanpa bisa kalian sangka-sangka. Tunjukkanlah kepada orang lain cara untuk lebih menyukai pengabdian kepada al-Qur’an daripada kenyamanan ranjang tidur. Saya memberikan penekanan pada masalah ini karena dua alasan. Pertama, saya akan membungkam rasa putus terhadap asa orang-orang yang menatap masa depan dengan pandangan pesimis. Kedua, saya akan menghilangkan rasa cemas dari sebuah penghinaan. Saya sepenuhnya percaya dan menyatakan kepada dunia bahwa suara mereka yang mencintai, menghormati, dan melayani orang banyak, suara Islam, suara Nabi Muhammad SAW, suara suci al-Qur’an yang merupakan kalam ilahi, akan menjaga dan melindungi keistimewaan suara yang kuat dan merdu mereka pada skala manusia.

Hanya ada satu cara untuk mewujudkan cita-cita mulia kita ini. Ialah dengan menjaga generasi muda kalian. Seorang individu, keluarga, komunitas ataupun seluruh bangsa harus menyadari pentingnya menjaga anak-anak kita. Mereka akan mengenal Allah dan Utusan-Nya. Kemudian hati dan kepala mereka akan terisi dengan sains modern di sekolah-sekolah sehingga mereka akan tumbuh menjadi manusia yang sempurna. Kita akan membangun masa depan dunia berlandaskan kepercayaan, perdamaian dan kebahagiaan dengan membekali anak kita akan penggabungan sains barat, ilmu agama, kebenaran Rasulullah SAW dan al-Qur’an yang mulia. Saya tidak percaya mereka yang berkelahi di jalanan bisa mengerti misi ini. Saya tidak percaya mereka yang mengklaim bahwa akan mendirikan Turki yang hebat dengan suara lantang bisa menghasilkan sesuatu. Lindungilah generasi kalian dan Allah Yang Maha Kuasa akan menjadikan kalian mulia. Pada saat ini, Allah telah melimpahkan nikmat dan anugerah-Nya pada kalian yang bahkan tidak ada pada abad sebelumnya. Kalian berada pada posisi untuk meninggikan agama Islam sampai pada titik tertinggi kemanusiaan dan meninggikannya sampai pada titik puncak kemanusiaan. Kalian telah memasuki jalan menuju langit dengan bantuan dan rahmat Allah. Allah Yang Maha Kuasa telah menganugerahi kalian keberkahan ini. Dia tidak mengambil kembali nikmat yang telah Ia berikan setelah Ia limpahkan keberkahan-Nya.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

More in Dawai Kalbu