fbpx
Karya PembacaNutrisi KarakterPedagogi Islam

Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Anak-anak adalah amanah, tanggung jawab, dan hadiah bagi orangtua. Tugas orangtua adalah memastikan anak tumbuh menjadi orang yang suka bekerja keras, produktif. Serta, yang paling utama adalah ia menjadi pribadi yang beriman kepada Allah dan bisa berguna bagi sesama.

Tidak ada anak yang berperilaku buruk karena karakter alaminya, biasanya hal tersebut dilakukannya berdasarkan apa yang ia lihat, dengar, rasakan dan pelajari dari lingkungan hidupnya sehari-hari.

Anak-anak belajar tentang hal yang benar dan salah sesuai dengan apa yang diberikan orang tuanya. Tanggung jawab orangtua adalah mengajarkan anak untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Anak memiliki insting alami untuk melakukan hal yang benar, namun insting tersebut harus dirawat dan diasah melalui pengajaran orangtua. Orangtua bertugas menjadi pembimbing dan teladan bagi anak dalam menaati Allah dan Rasul-Nya. Orang tua yang baik menurut Islam, akan mengambil tanggung jawab ini secara serius. Sehingga anak akan tumbuh menjadi pribadi yang baik dan selalu melakukan hal benar sesuai dengan ajaran agama.

Pendidikan islam adalah hal yang sangat penting dalam pendidikan anak, oleh karena itu peran orang tua sebagai pendidik pertama harus bertanggung jawab penuh dalam hal ini. Orang tua harus memiliki kesadaran yang tinggi terhadap nilai-nilai ideal dan cita-cita mulia yang perlu ditanamkan dalam diri anak, anak harus mendapatkan pendidikan serta ilmu pengetahuan yang sesuai dengan kelompok usianya. Ketika kesadaran, motivasi dan pengetahuan kurang, keluarga tidak akan dapat mewujudkan pendidikan agama yang ideal bagi anak.

Di sisi lain, orangtua tidak hanya perlu memenuhi kebutuhan jasmaniyah anaknya saja, kebutuhan ruh dan jiwa anak-anaknya pun harus dipenuhi dengan menyerahkannya pada pendidik yang berkualitas dan terpercaya. Orangtua yang lupa memenuhi kebutuhan ruh dan jiwa anak-anaknya, selain picik juga merugi karena melepas anaknya dalam kejahiliyahan. Orangtua yang tidak berhasil memberikan pendidikan ruh dan jiwa bagi anak-anaknya adalah termasuk orang tua yang zalim. Apalagi jika orangtua menjadi penghalang dari jalan baik yang ditemukan anak-anaknya, sungguh mereka termasuk orang-orang yang celaka..!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan artikel baru setiap saat!    Yees! Tidak Sekarang